Lagu Barat Lebih Populer Dibanding Dengan Lagu Dari Indonesia? Inilah Alasannya!

Cari dan Unduh Lagu Terbaru Yang Sedang Ngehits Dengan Mudah di Mp3Young Music Downloader

Lagu barat menurut orang awam adalah lagu yang berbahasa Inggris dan berasal dari Eropa serta dinyanyikan oleh orang bule jadi walaupun ada lagu dari Indonesia yang berbahasa Inggris itu takkan disebut lagu Barat. Tapi kita lihat Amerika Serikat, lagu dari sana disebut juga lagu Barat walaupun Amerika sendiri berada di sebelah timur Indonesia. Jujur admin lebih menyukai lagu-lagu Barat dibanding lagu dari Indonesia, bukan bermaksud tidak cinta tanah air. Sekitar +87% lagu yang ada di hape admin adalah lagu barat, sisanya lagu daerah, Indonesia, dan ost anime.

Perlu diketahui, Indonesia juga mengalami dinamika dunia permusikan di mana gaya lagu tempodulu sudah sangat berbeda dengan lagu Indonesia saat ini. Dulu sebuah lagu dinyanyikan dan ditulis oleh penyanyi itu sendiiri sedangkan untuk lagu jaman now kebanyakan hanya menyanyi saja dan sangat jarang membuat lagu yang merupakan ciptaan mereka sendiri. Admin sendiri lebih suka lagu-lagu jaman Nike Ardila dkk dari pada lagu Indonesia yang sekarang banyakan micin dan gak jelas arti serta maknanya. Kita lihat lagu yang asalnya dari Amerika Serikat sangatlah mendunia dibandingkan lagu Indonesia yang jarang dikenal negara lain karena admin belum lihat ada lagu Indonesia masuk top billboard 200 besar apalagi 10 besar 😂. Kenapa bisa gitu ya?? Kok dikalah sama Amerika Serikat?

1. Lagu Indonesia kebanyakan bertema cinta


Inilah yang admin tidak mengerti mengapa penyanyi Indonesia lebih mengutamakan tema cinta dalam lagunya padahal di luar sana lagu yang bertemakan cinta kurang populer karena sudah membosankan. Mungkin penyanyi yang ada di Indonesia kurang informasi mengenai dinamika dunia musik internasional. Jaman sekarang lagu bertemakan cinta kesulitan mendapat tempat di Billboard kebanyakan tema yang masuk 10 besar adalah lagu-lagu yang bertemakan pengalaman hidup, persahabatan, kekeluargaan, dan kadang lagunya adalah sebuah fantasi dunia hayalan (mirip puisi) serta nilai-nilai kehidupan. Saran admin kepada penyanyi yang di Indonesia agar bisa meninggalkan lagu dengan tema cinta karena sudah banyak orang menjadi bosan bahkan admin sendiri sudah dari dulu bosan 😕.

2. Kemampuan tarik suara penyanyi dan lirik lagu barat lebih bermutu


Di sini admin lebih suka dengan penyanyi lagu barat dalam hal tarik suara mengapa? Penyanyi dan musisi dari Barat memang sejak dini sudah mengenal lagu dan musik karena merupakan tuntutan dunia sekitarnya. Orang barat mayoritas memeluk agama Kristen di mana dalam setiap ibadah akan menyanyi dan itu dilakukan secara berkali-kali selama hidup mereka. Otomatis mereka sudah pandai dalam bernyanyi. Memang sih, ada juga penyanyi dari Indonesia yang kemampuan menyanyinya sangat bagus menurut admin seperti Judika dan Isyana.

Kedua, lirik lagu Indonesia memiliki diksi yang masih standar bahkan ada yang di bawah standar di telinga. Membuat lirik sebuah lagu memang tidaklah mudah, harus memiliki pengetahuan Bahasa dan Sastra yang merupakan ilmu yang didapat dibangku sekolah. Coba kita bandingkan lirik lagu tahun 80-an sampai 90-an dengan lagu yang ada saat ini, lagu tempodulu memang memiliki lirik yang berisikan majas-majas dan pemilihan diksi yang sangat tepat. Untuk lagu jaman now, gw anggap biasa-biasa saja (tidak semua) lagunya memiliki diksi yang kurang memikat di telinga, apalagi tuh yang namanya lagu dangdut kebanyakan alay-alay dan menjijikkan 😱.

3. Gengsi dan pemasaran


Menurut admin orang yang mendengarkan lagu barat karena gengsi itu tidak pantas disebut pecinta lagu barat. Namanya juga gengsi, itu tidaklah sejalan dengan minat melainkan hanya untuk pamer saja. Dia sebenarnya tidak menikmati lagu tersebut.

Dalam pemasaran, lagu bBrat lebih laku kerena pemasarannya internasional dibandingkan dengan lagu Indonesia yang hanya laku di lokal saja 😂. Banyak alasan sehingga lagu barat lebih laku, seperti salah satunya ialah bahasa. Apakah bahasa Indonesia bahasa internasional? Tidak! melainkan bahasa Inggrislah yang go Internasional. Mungkin ada yang nanya kenapa bahasa Inggris yang go Internasional? Lu kemana aja kalau guru lagi menjelaskan tentang sejarah dunia mengenai penjajahan? Yang gak tahu berarti datang sekolah cuma tidur aja 😂. Bahasa Inggris bisa dijadikan bahan belajar untuk kemampuan listening dalam bahasa Inggris, sambil melihat lirik lagunya kita bisa menambah skill bahasa Inggris.
Kalau lagu Indonesia sudah sangat mainstream karena merupakan bahasa sehari-hari.

4. Lagu Indonesia sulit untuk didapatkan karena mahal dan jumlahnya terbatas.


Ini adalah kekurangan dunia musik Indonesia. Jangan bandingak ekonomi negara Barat yang maju dengan Indonesia yang masih berkembang. Banyak penyanyi/band Indonesia yang merugi dan berpenghasilan sedikit karena hal ini. Orang-orang lebih memilih lagu Barat yang untuk mendapatkannya relatif mudah dan harganya murah. Mungkin ada yang bilang "saya download lagu Barat sama Indo gratis kok" Ehh itu karena yang lu dapat adalah versi bajakan 😂.

Laku tidaknya sebuah lagu itu berdasarkan tema dan penyanyinya juga ya. Seperti yang admin bilang tadi, lagu bertemakan lope-lope itu kurang dilirik oleh orang banyak karena apa? Bosan!! Emang enak makan nasi mulu gak ada lauknya!. Juga lagu Indonesia memiliki penghayatan yang minimal karena bukan penyanyi tersebut yang membuat lagunya melainkan orang lain. Lebih bagus jika mereka membuat lagu dari pengalaman hidupnya agar bisa menghayatinya dengan sempurna seperti penyanyi Barat yang lakukan sejak dulu sampai saat ini.

Sekian artikelnya untuk hari ini. Semoga bermanfaat. Sekian dan terima kasih 😊.

Post a Comment

5 Comments

Rizki Abdolah 24 September 2018 19:52

Saya lebih suka lagu indonesia sih soalnya ngerti bahasanya di bandingkan sama lagu luar sulit dimengerti hehehe

Kentang Hijau 24 September 2018 21:08

@Rizki, selera orang berbeda-beda bro. Gw suka denger lagu barat karena untuk belajar bahasa Inggris . Tanpa bahasa Inggris mungkin gw udah gaptek.

Kenjie 25 September 2018 02:23

bener sih om, pemililihan lirik lagu harus tepat, buktinya lagu umbrella(payung) aja terkenal di seluruh dunia..

Countelez 05 October 2018 16:38

Lagu indo itu2 aja, isi cinta2 doang. Kurang kreatif. Apa lgi musik dangdut kebanyaken yg nyanyi cewek dan isi lagunya selalu menjelek-jelekan cowok. Mending lagu barat, musik electro misalnya. Walau gak ngerti artinya tpi asik musik & suara vocalnya ok

Wawan Ruswandi 26 November 2018 00:51

sama kok min lagu barat jga cepet bosen di jaman sekarang contohnya lagu despacito.. dan mustahil min orng bs lancar brhasa inggris gara2 denger lagunya doang... adeh adeuhh jgn ngehoax min!! hhee


Leave a Reply



Sign in with My account

Name :

Site :

Content :

This comment is not spam